23.01 -
No comments
Kamis, 03 Januari 2013
22.57 -
No comments
PPT MATERI PERBANDINGAN UNTUK SMP/MTs KELAS VII (VIA MEDIAFIRE)
Untuk melihatnya silahkan klik disini
Minggu, 30 Desember 2012
22.23 -
No comments
Hasil Editan Photoshop
19.49 -
No comments
Model Pembelajaran Means Ends Analysis
Metode pembelajaran Means Ends Analysis adalah variasi dari
pembelajaran dengan pemecahan masalah (problem
solving) dengan sintaks: sajikan materi pendekatan pemecahan masalah
berbasis heuristic, elaborasi menjadi sub-sub masalah yang lebih sederhana,
identifikasi perbedaan, susun sub-sub masalah sehingga terjadi konektivitas,
pilih strategi solusi. (Suherman, 2010).
Heuristik dalam matematika menurut Lidinillah adalah
suatu langkah umum yang memandu pemecah masalah dalam menemukan solusi masalah.
Berbeda dengan algoritma yang berupa prosedur penyelesaian sesuatu dimana jika
prosedur itu digunakan maka akan sampai pada solusi yang benar. Sementara
heuristik tidak menjamin solusi yang tepat, tetapi hanya memandu dalam
menemukan solusi. Jika langkah-langkah algoritma harus dilakukan secara
berurutan, maka heuristik tidak menuntut langkah berurutan.
Jacob (Fitriani, 2009: 28) menyatakan bahwa prosedur
dalam model pembelajaran Means Ends Analysis
menghendaki seorang pemecah masalah untuk menentukan tujuan (ends) dari suatu
masalah yang hendak dicapai dan cara (means) yang dapat membantunya untuk mencapai
tujuan tersebut. Proses awal yang dilakukan pada Means Ends Analysis adalah memahami suatu masalah yang meliputi
proses pendeteksian current state
(pernyataan sekarang) dan goal state
(tujuan). Setelah dilakukan pendekatan dan mencatat current state dan goal state
perlu dicari perbedaan diantara kedua hal tersebut. Kemudian dilakukan pereduksian
perbedaan tersebut. Keadaan ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan agar suatu
submasalah menjadi suatu keadaan yang nantinya dapat teraplikasikan pada
masalah yang ada. Selanjutnya gunakan perbedaan antara current state dan goal state
untuk menyeleksi prosedur yang akan digunakan. Ulangi langkah-langkah tersebut
dengan catatan bahwa current state
yang baru merupakan hasil perbedaan current
state dan goal state dari langkah
sebelumnya.
Daftar Pustaka:
Fitriani,
Andhin Dyas. 2009. Peningkatan Kemampuan
Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran
Means Ends Analysis. Tesis pada Pascasarjana UPI Bandung : Tidak
diterbitkan.
Suherman,
Erman. 2010. Hands-out Perkuliahan
Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : Jurusan Pendidikan
Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas
Pendidikan Indonesia.
Lidinillah,
Abdul Muiz. - . Heuristik dalam Pemecahan
Masalah Matematika dan Pembelajarannya di Sekolah Dasar. [ONLINE].
Tersedia: www. Docstoc. com/ docs/ 25616440/
Heuristik-Pemecahan-Masalah-dan-Pembelajarannya-di-SD. [30 Mei 2012].
Langganan:
Postingan (Atom)